Minggu, 01 November 2009

Ternyata Trumbu Karang Selain Memperindah Bawah Laut Ternyata ada Manfaatnya

terumbu-karang-dan-ganggang-hijau

Kehidupan yang ada di bumi ini seperti lingkaran dan itu disebut siklus seperti penyerapan Karbon itu terjadi sangat rumit dan tidak hanya berlangsung di permukaan tanah bumi dan udara serta tumbuhan tetapi juga berlangsung dibawah laut.

Proses fotosintesa mungkin dilakukan oleh tumbuhan yang memiliki zat hijau daun atau klorofil. Terumbu karang terdiri dari unsur binatang karang bernama Polip yang melakukan simbiosis mutualisme dengan tumbuhan alga, yakni ganggang hijau, tumbuhan inilah yang sesungguhnya melakukan proses fotosintesa, sekalipun di dalam air.

Proses fotosintesa memerlukan karbon dioksida (CO2) serta sinar matahari, yang selanjutnya menghasilkan oksigen (O2), air serta gula. CO2 yang menjadi bahan utama proses fotosintesa juga terjadi di dalam laut. pada malam hari, saat terumbu karang tidak melakukan asimilasi, tumbuhan ini justru menghasilkan CO2. Karbon yang dihasilkan saat malam hari inilah yang menjadi bahan utama terjadinya proses fotosintesa.

Peneliti Bidang Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kurnaen Sumadiharga di Jakarta mengatakan, penyerapan karbon melalui media terumbu karang ini menjadi salah satu bahasan utama dalam Konferensi Kelautan Dunia atau World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) di Manado.

Asisten Deputi Pengendalian Kerusakan Pesisir dan Laut Deputi Bidang Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam Kementerian Negara Lingkungan Hidup Wahyu Indraningsih menuturkan, keberadaan terumbu karang di Indonesia harus benar-benar dijaga, keberadaan terumbu karang ini harus dipelihara dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengantisipasi terjadinya perubahan iklim di Indonesia juga di belahan bumi lain.

1 komentar:

Slide Picture